Unhas Ungguli UI dan ITB

Monday, 9 July 2012

Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar menempati urutan kedua perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia dengan persaingan paling ketat pada ujian tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012.

Pencapaian Unhas ini khusus kelompok Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).Di kelompok ini,Unhas hanya dikalahkan oleh Institut Pertanian Bogor (IPB). Ketatnya persaingan di Unhas ini bahkan mengungguli Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Indonesia (UI). Persaingan ketat SNMPTN ini merujuk pada perbandingan antara besarnya jumlah peminat pada jurusan tertentu di suatu PTN dengan daya tampung yang tersedia. Semakin besar jumlah peminat,namun kuota kursi terbatas, menunjukkan tingkat persaingan di PTN tersebut sangat tinggi.

Pada SNMPTN kali ini, program Studi (Prodi) pendidikan dokter Unhas paling banyak diserbu pendaftar, yakni sebanyak 5.000 lebih pendaftar, sedangkan kuota tersedia hanya 87 orang. “Persaingan masuk Unhas sangat ketat. Coba bayangkan berapa orang yang memperebutkan satu kuota,” kata Humas SNMPTN Panlok 82 Unhas Dahlan Abubakar saat dihubungi, kemarin. Dari hasil ujian tulis SNMPTN 2012 yang diumumkan Jumat malam (6/7), hanya 2.853 orang dinyatakan lulus di Unhas sesuai dengan kuota yang ada.Adapun jumlah pendaftar mencapai 24.204 orang.

Jika dirata-ratakan, delapansembilan orang pendaftar memperebutkan satu kuota Unhas. Dahlan mengemukakan,selain pendidikan dokter, Prodi IPA yang banyak diminati di Unhas yakni Fakultas Teknik dan Fakultas Farmasi. Dia mengemukakan, Prodi tersebut setiap tahun paling banyak pendaftarnya. Sedangkan untuk kelompok IPS,Unhas tidak masuk dalam 10 besar dengan SNMPTN paling ketat. Dahlan menambahkan, Prodi Ilmu Hukum paling banyak diminati untuk kelompok IPS. Pendaftar Prodi Ilmu hukum juga paling banyak lulus ujian tulis SNMPTN yakni 183 orang.

Sebanyak 2.853 yang dinyatakan lulus ujian tulis Unhas terdiri atas Ilmu Hukum 183 orang,Farmasi 123 orang,Peternakan 112 orang, Biologi 108 orang,Kesehatan Masyarakat 105 orang, dan Agroteknologi 103 orang. Prodi lainnya yakni Akuntansi 93 orang,Pendidikan Dokter 87 orang,Manajemen 85 orang, Kehutanan 78 orang, Sastra Inggris 74 orang,Teknik Elektro 64 orang, Pendidikan Dokter Gigi 75 orang,Teknik Sipil 54 orang,Kimia 53 orang,dan Ilmu Ekonomi 51 orang.

Sedangkan dua Prodi yang baru dibuka 2012 yakni, jurusan Kedokteran menerima mahasiswa 29 orang, dan jurusan Psikologi 41 orang. Selain lewat ujian tulis,Unhas juga menerima mahasiswa sebanyak 1.120 lewat jalur undangan. Dengan demikian jumlah calon mahasiswa yang dinyatakan lulus jalur ujian tulis dan undangan SNMPTN 2012 seluruhnya 3.973 orang. Kuota ujian tulis SNMPTN Unhas mengalami penurunan dibanding 2011 lalu yang mencapai 3.231 orang.Namun untuk jalur undangan meningkat karena pada 2011 hanya 930 orang.

Dahlan menambahkan,Unhas menyiapkan 8.500 beasiswa bagi mahasiswa baru untuk kategori miskin dan berprestasi. Pemberian beasiswa ini lewat program Bidik Misi. Bagi calon mahasiswa SNMPTN Unhas yang dinyatakan lulus dipersilahkan untuk melakukan pendaftaran ulang pada 16-27 Juli.Jika yang bersangkutan tidak mendaftar ulang dalam rentang waktu tersebut,maka mereka dinyatakan gugur.

Sebelumnya,Ketua Umum Panitia SNMPTN 2012 Akhmaloka menyebutkan, tiga besar PTN dengan tingkat persaingan yang ketat dalam SNMPTN jalur tertulis adalah IPB, Unhas, dan ITB.Koordinator Humas SNMPTN Ravik Kasidi, mengatakan,ketiga PTN tersebut merupakan kampus dengan persaingan terketat untuk program studi IPA. Berikut secara rinci daftar 10 besar PTN dengan persaingan terketat dalam SNMPTN jalur tertulis 2012. Untuk program studi IPA,IPB menempati urutan pertama. Disusul Unhas dan ITB di tempat kedua dan ketiga. Di tempat keempat ada Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya. Sementara urutan kelima dihuni oleh UI.

Beranjak ke nomor enam terdapat Universitas Sumatera Utara (USU).Sementara di posisi tujuh dihuni oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Di peringkat delapan hingga 10 ditempati oleh Universitas Andalas (Unand) Padang, Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, dan Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung. Sementara untuk program studi IPS, UI berada di peringkat pertama. Disusul Universitas Negeri Padang (UNP) dan Universitas Negeri Medan (Unimed) pada posisi dua dan tiga. Selanjutnya, di peringkat empat dan lima dihuni oleh Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung dan Universitas NegeriYogyakarta (UNY).

Kemudian di tempat keenam terdapat Unair Surabaya diikuti Universitas Riau (Unri) di peringkat ke tujuh.Posisi delapan dan sembilan di huni oleh Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dan Universitas Jambi.Terakhir, peringkat 10 ditempati oleh Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Sementara itu sebanyak 3.949 pendaftar SNMPTN 2012 dinyatakan lulus di Universitas Negeri Makassar (UNM).

Jumlah tersebut terdiri atas Fakultas MIPA 670 orang, Fakultas Ilmu Sosial 336 orang,Fakultas Bahasa dan Sastra 380 orang, Fakultas Psikologi 110 orang, Fakultas Seni dan Desain 312 orang, Fakultas Ekonomi 310 orang,Fakultas Ilmu Pendidikan 748 orang,Fakultas Teknik 400 orang, dan Fakultas Ilmu Keolahragaan 680 orang. UNM adalah panitia lokal (Panlok) 80 SNMPTN 2012 yang membawahi Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin.

Jumlah pendaftar SNMPTN UNM dan UIN lalu sebanyak 18.887 orang. Sedangkan jumlah peserta SNMPTN 2012 yang lulus di UIN Alauddin 1.250 orang. Salah satu peserta SNMPTN yang mendaftar lewat Panlok 80 Unhas, Darwis Arsyad,mengaku kecewa karena tidak lulus.Alumni SMA Negeri I Alla Enrekang ini mengambil IPC dengan jurusan Teknik Perkapalan Unhas dan Jurusan Olahraga di UNM, namun kedua-duanya tidak lulus. Namun, gagal di SNMPTN tak membuat Darwis patah arang.

Dia berencana mendaftar di Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar. “Bukan nasib saya untuk kuliah di Unhas dan UNM,”ucapnya.

0 komentar:

 
© Copyright 2010-2011 I'Mpossible All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.