Core Makassar...?

Saturday, 27 June 2009


KOTA dunia tidak harus dengan gedung-gedung pencakar langit. Kota dengan infrastruktur yang dibilang tidak hebat seperti Denpasar dan Manado pun dapat dikategorikan sebagai kota dunia.

Infrastruktur yang hebat, ekonomi yang tumbuh secara cepat,dan masyarakat high-styled akan terjadi sebagai akibat intensifnya pergaulan internasional. “Kota dunia adalah kota yang memiliki ciri, kekhususan, yang bisa dengan mudah diingat oleh masyarakat seluruh dunia. Karena ciri itu, banyak orang ingin kembali ke kota ini.

Jadi bukan size (ukuran) yang menjadikan sebuah kota menjadi kota dunia, tapi ciri dan pergaulannya,” papar Konsultan Tata Ruang Makassar Danny Pomanto. Menjadi kota dunia, pastinya identik dengan potensi daerah yang menjadi ciri khas sebuah kota. Istilahnya disebut dengan ‘core’.

Misalnya, kota Cannes, Prancis yang menjadikan core daerah tersebut dengan kota festival film.Begitupun dengan Las Vegas yang menjadi kota hiburan,Hongkong dengan Neon City dan kotakota lainnya. Atas dasar itu, Makassar menuju kota dunia tentunya memerlukan ‘core’ laiknya dengan kota dunia tersebut di atas.

Sebenarnya, menurut Konsultan Tata Ruang Makassar Danny Pomanto menyatakan Makassar memiliki kekuatan yang bisa dijadikan core. Misalnya dalam hal sejarah seperti legenda Lagaligo yang sudah dipentaskan di sejumlah negara,Syekh Yusuf,Sultan Hasanuddin, Diponegoro, Sawerigading, Datumuseng, dan Wahidin Sudirohusodo.

0 komentar:

 
© Copyright 2010-2011 I'Mpossible All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.