Perahu Sandeq Jadi Tamu Kehormatan di Perancis

Tuesday, 10 July 2012

PERAHU tradisional Mandar Sulbar, Sandeq, menjadi tamu kehormatan di ajang dunia, Brest Festival 2012 yang dipusatkan di Perancis. Sebanyak 12 awak kapal tradisional tersebut menjadi duta Indonesia sekaligus mewakili Asia di ajang empat tahunan tersebut.

Brest Festival adalah salah satu even maritim terbesar dunia dengan menghadirkan berbagai perahu layar dari berbagai belahan dunia. Tahun ini akan berlangsung di Perancis, tanggal 13 hingga 19 Juli 2012 mendatang.

Dirjen Kelautan, Pesisir dan Pulau-pulau Kecil Kementerian Kelautan dan Perikanan (KP3K-KKP), Sudirman Saad, menyampaikan apresiasi dan memberi selamat kepada para pelaut Sulbar.

Ia juga berharap, para duta merah putih, sukses mengharumkan nama bangsa sendiri.
"Kita harap di Prancis nanti, bisa mengharumkan nama Indonesia," ujar Sudirman saat menerima para pelaut Sulbar di Gedung Mina Bahari KKP, Jakarta, Selasa 10 Juli 2012.

Sudirman yang didampingi Direktur Pemberdayaan Pulau-pulau Kecil, Agus Dermawan juga berharap kekayaan budaya lokal itu dapat tetap terjaga dan dilestarikan.

"Supaya kejayaan budaya maritim kita ini bisa terus dikembangkan. Saya harap sudah ada publikasi, baik cetak maupun elektronik. Orang Mandar harus memanfaatkan kesempatan ini," urai Sudirman.

Usai berdialog, Dirjen KP3K dan tim Sandeq Sulbar sempat bertukar cinderamata. Koordinator tim Sandeq Sulbar, M Ridwan Alimuddin menyerahkan replika perahu Sandeq.

Dalam pertemuan ini, duta Indonesia didampingi Badan Pengurus Pusat Kerukunan Keluarga Mandar Sulawesi Barat (KKMSB). Sekjen KKMSB, Salman Dianda Anwar, berterima kasih kepada Dirjen KP3 KKP yang telah menjamu 12 pelaut Mandar.

"Kita berharap KKP membantu kita, memediasi penumbuhkembangan budaya maritim lokal yang kita punya," sebut Salman. Perahu tradisional Sandeq yang telah terkenal hingga ke mancanegara, berpeluang menjadikan provinsi termuda Sulbar sebagai tuan rumah even Hari Nusantara.

"Kementerian siap mendukung pelestarian budaya kita, memasukkan Sandeq dalam acara Hari Nusantara. Bisa dipusatkan penyelenggaraannya di Sulbar. Ke depan, kita  bisa jadi salah satu daerah calon pelaksana acara itu," urai Salman bersemangat.

Ia juga menegaskan, kesuksesan Sandeq mewakili Indonesia dan Asia di Brest Festival France 2012, agar tidak membuat Sulbar berpuas diri.

Untuk itu, diperlukan sosialisasi lebih banyak kepada para generasi muda Sulbar. "Even Sandeq Race nanti dapat dimanfaatkan dengan menyelipkan beberapa acara terkait agenda tahunan tersebut. Seperti, bagaimana pembuatan perahu sampai cara menjalankannya. Ini penting bagi generasi kita," tandasnya. C
itizen Report : Sekretaris Jenderal Badan Pengurus Pusat Kerukunan Keluarga Mandar Sulawesi Barat (BPP-KKMSB), Salman Dianda Anwar.

0 komentar:

 
© Copyright 2010-2011 I'Mpossible All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.