JK Dijadwalkan Buka Liga Jusuf Kalla

Monday, 9 July 2012

Mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK) dijadwlkan akan membuka Liga Jusuf Kalla yang dijadwalkan 16 Juli 2012 di Kabupaten Bone. Kegiatan ini diselenggarakan oleh PSSI Sulsel.
 
Hingga saat ini, tercatat sebanyak 23 Pengurus Cabang (Pengcab) PSSI dari 24 pengcab se-Sulsel. Hanya Pengcab PSSI Kabupaten Enrekang yang tak hadir, tapi, mereka dipastikan tetap mengirimkan wakilnya untuk mengikuti kompetisi berhadiah total Rp 200 juta ini. Sehingga jumlah tim binaan pengcab yang ikut tetap 24 tim.

Seluruh tim juga menyatakan antusiasmenya untuk ikut serta. Bahkan, perwakilan tim Luwu Timur, mengakui baru kali ini ada kompetisi dimana klub disubsidi oleh penyelenggara yang nilainya mencapai Rp 22,5 juta.

Panpel juga menyiapkan hadiah uang tunai bagi top skor, pemain terbaik, tim paling fair play dan wasit terbaik dengan total hadiah Rp 50 juta.

"Saya sangat mengapresiasi Liga JK ini. Karena baru kali ini ada kompetisi yang menyiapkan hadiah sangat besar dan memberi subsidi kepada klub," kata Rahmat Syamsu Alam, Ketua Pengcab PSSI Parepare.

Subsidi ini diberikan bertahap. Babak penyisihan, masing-masing tim mendapat subsidi Rp 10 juta. Jika lolos ke babak 12 besar, setiap tim mendapat subsidi Rp 7,5 juta. Klub yang lolos ke babak semifinal kembali mendapat subsidi Rp 5 juta per tim.

Babak final, tim tidak lagi mendapat subsidi karena tim-tim yang masuk final ini sudah dipastikan akan mendapat hadiah berupa uang tunai plus tropi. Untuk juara satu mendapat Rp 60 juta, juara dua sebesar Rp 40 juta dan juara tiga dan empat masing-masing mendapat Rp 25 juta.

Ketua Panpel Liga JK, Japri Y Timbo, mengatakan, seluruh wasit yang ditugaskan dalam Liga JK ini menjadi tanggungan panpel pusat. Mulai honor, perlengkapan, hingga transportasi wasit ke lokasi pertandingan seluruhnya ditanggung panpel pusat di Makassar.

Liga JK 2012 ini, menggunakan sistem setengah kompetisi. 24 klub peserta dibagi dalam 6 pool. Masing-masing pool dihuni empat klub dengan sistim pertandingan kandang-tandang. Juara dan runner up setiap pool melaju ke babak 12 besar yang dibagi dalam 4 pool. Setiap pool berisi tiga klub. Juara masing-masing pool di babak 12 besar ini, berhak ke babak semifinal.

Kick off akan dilakukan serentak di enam kabupaten/kota yang menjadi tuan rumah pertama masing-masing pool. Jusuf Kalla diagendakan membuka liga ini dengan melakukan tendangan perdana pada laga Bone melawan Wajo di Kabupaten Bone. (Tribun Timur)

0 komentar:

 
© Copyright 2010-2011 I'Mpossible All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.