Subhan Aksa Buntuti Rizal di Sergai Rally 2012

Tuesday 10 July 2012

PADA hari kedua kejuaraan nasional reli mobil di Serdang Bedagai, Sumatra Utara, Sabtu (7/72012) diwarnai beberapa insiden dan drama para pereli papan atas nasional. Peringatan Subhan Aksa bahwa ajang reli ini sangat menantang dan berbahaya terbukti karena begitu banyak peserta yang terkendala dengan berbagai sebab.
Andalan tuan rumah, Ijeck/Uche (Subaru), yang juga Ketua Pengprov IMI Sumut menjadi korban pertama.  Ia terhenti usai Special Stage (SS3) karena kerusakan girboks. Padahal, di SS2 ia tampil gemilang dengan mengalahkan dua pereli unggulan lainnya, Subhan Aksa/Hade Mboi (Mitsubishi Evo X) dan Rizal Sungkar/Endrue Fasa (Subaru). Tak tanggung, ia memukul Subhan 15 detik dan Rizal 20 detik.
Itu  membuat persaingan ketiganya kembali ketat setelah di SS1 Ijeck dikalahkan Subhan dengan selisih 43 detik.
Di SS4 Rambong Sialang C, giliran Subhan yang ketiban apes. Baru 7 km melaju, ban kiri belakangnya pecah dan kemudian juga diikuti kerusakan rem dan persneling.  Jadilah pereli permanen di kejuaraan dunia FIA 2012 World Rally Championship ini menyusuri 13 km berikutnya dengan perjuangan dan kesabaran ekstra tinggi dengan laju mobil terseret-seret tanpa rem sama sekali. 

Di sisi lain, Rizal tampil apik sehingga ia megambil alih pimpinan sementara dari Subhan dengan keunggulan 24 detik.
Berikutnya di SS5 di wilayah sama, gentian Rizal yang apes. Mobilnya kebablasan di sebuah tikungan dan mencapai pos finis dengan waktu  15 menit 6 detik, atau kalah 15 detik dari Subhan.
Hari kedua yang melombakan lima SS ini ditutup Rizal dengan kepemimpinan sementara di kejuaraan umum. Ia unggul 9 detik atas Subhan.  Selisih 9 detik inilah yang akan dipertaruhkan Subhan dan Rizal di hari terakhir Minggu (8/7) untuk mencapai podium sebagai juara dan pada step berikutnya memuluskan langkah menjuarai seri nasional.
“Seperti saya katakan sejak awal, tak bisa gegabah di Sergai Rally ini. Karakter lintasannya unik dan sangat menantang. Banyak trek lurus yang memungkinkan mobil dipacu sampai gigi lima, tapi di ujungnya sudah menunggu tikungan yang tajam.  Itu yang membuat kopling dan rem dipaksa bekerja keras, begitu pula konsentrasi di balik kemudi,” kata pemimpin klasemen sementara kejurnas ini setelah memenangi putaran pertama di Langkat Rally lalu.
Subhan yang berasal dari daerah Sulsel ini berharap tim mekaniknya bisa memperbaiki kerusakan mobil lebih baik lagi karena sebelumnya perbaikan dilakukan kurang maksimal akibat keterbatasan waktu. Dengan begitu ia bisa berjuang mengejar defisit 9 detik dari Rizal dalam 4 SS tersisa pada Minggu (8/7).
“Semoga kondisi mobil membaik. Sembilan detik dalam 4 SS terakhir  bukan hal mudah untuk dilampaui, tapi saya dan Hade akan berupaya untuk kembali ke posisi teratas,” kata Subhan menjanjikan duel menarik pada Minggu ini.
Inilah 5 Besar Ssampai SS 5
1.     Rizal Sungkar/Endrue Fasa (Subaru), total waktu 1 jam 15 menit 26 detik.
2.     Subhan Aksa/Hade Mboi (Mitusbishi), 1:15:35.
3.     Roby Harahap/Boy Martadinata (Mitsubishi Evo IX), 1:17:50.
4.     Brian Green/Fleur Petersen (Mitsubishi Evo VIII), 1:19:46.
5.     Dade Nasution/Zulfikar Pane (Subaru), 1:20:06.
(Sumber : Tribun Timur)

0 komentar:

 
© Copyright 2010-2011 I'Mpossible All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.